Sunday, December 29, 2013

Lightstick? Glowstick?

Siapa yang tidak suka melihat konser musik, khususnya konser K-Pop (musik pop Korea) selain performa artis keren, saat konser pasti mata juga akan tertuju pada cahaya warna warni yang terdapat pada seisi stadion atau venue konser.

Apa yang menyebabkan seluruh venue bisa berwarna seperti itu? tidak lain karena para penonton atau fans membawa lightstick. Dan masing-masing penyanyi (solo, girl atau boyband di Korea) memiliki warna lightstick yang berbeda satu sama lain.


Tetapi sebelumnya, apa lightstick itu? dan apa bedanya dengan glowstick?



Lightstick merupakan sumber cahaya genggam portabel yang menggunakan baterei. Biasanya digunakan untuk selain untuk kegatan rekreasi seperti dalam konser, maupun pesta, juga dapat digunakan untuk tujuan penerbangan, militer, penyelamatan hingga cuma hiasan. Biasanya pula baterei bisa didapatkan di toko kamera atau toko jam.


Sedangkan glowstick, sama seperti lightstick, glowstick merupakan sumber cahaya genggam portabel namun yang membedakan adalah glowstick memiliki sumber energi sendiri, tidak perlu menggunakan baterei seperti lightstick. Glowstick menggunakan proses chemiluminescence untuk menghasilkan cahaya. Glowsticks juga tahan air, lebih murah biaya produksinya, namun sekali pakai dan tidak dapat padam.

Oleh karena itu penggunaan lightstick sering menjadi alternatif dalam berbagai acara termasuk pada acara konser karena bentuknya yang lebih beragam, dapat dinon-aktifkan dan diganti batereinya sehingga lebih menarik, aman dan fleksibel dalam penggunaanya.

sumber:
http://kpoplightsticks.blogspot.com/2013/02/What-is-a-lightstick.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Glow_stick
http://en.wikipedia.org/wiki/Chemiluminescence

sumber gambar:
http://pbs.twimg.com/media/BO_PsJTCEAAK6b-.jpg:large
http://i.imgur.com/wboQV.png 
http://i01.i.aliimg.com/photo/v1/469957427/4_inches_Chemical_Glow_Stick.jpg

0 comments:

Post a Comment