Wednesday, February 26, 2014

[Review] Girls' Generation 4th Mini Album - Mr. Mr.


Mr.Mr
Lagu yang dijadikan sebagai judul album ini, Mr. Mr., secara keseluruhan menarik untuk disimak. Intro yang kuat dari awal membuatnya sangat jelas bahwa ini tidak seperti apa yang telah SNSD lakukan pada laagu-lagu mereka sebelumnya. Musik bagian chorus yang catchy menjadi inti dari lagu Mr.Mr. dan klimaksnya adalah ketika tiga main vokalis mereka: Taeyeon, Jessica dan Tiffany, memainkan nada tinggi mereka saat refrain . Efek tepukan mengembalikan elemen musik yang telah lama hilang dari diskografi SNSD, sementara beberapa pekerjaan synth pada bagian verse menjadikan bagian ini memilikki nuansa yang cukup ceria agar tidak mengurangi kekuatan penuh semangat yang menjadi ciri khas SNSD

Goodbye
Penggunaan bass menjadikan intro lagu Goodbye menjadi lebih funky. Lagu ini secara keseluruhan merupakan campuran komposisi yang tepat antara indah karakter vokal yang kuat, suara simbal yang groovy, dan bahwa gitar bass. dan Taeyeon mengerti cara mengubah suasana dari nuansa funky menjadi suasana yang penuh kehangatan saat memasuki chorus dan sebuah fade out diakhir lagu bekerja sebagai soft landing untuk mengakhiri suatu perjalanan lagu yang menyenangkan.

Europa
Sesuai dengan judul lagu, lagu ini merupakan Euro pop dance dengan efek synths yang berat. Komposisi sempurna terdapat dalam lagu ini karena terdiri dari synths pop Euro dengan memasukkan sedikit unsur bassLagu dengan mid-tempo ini menggambarkan kecenderungan SNSD dalam membawakan lagu-lagu pendek yang ringan (contoh: Gee). Upaya menonjolkan bagian solo dalam lagu ini terlihat jelas, dan vokal pengantar dari Jessica dapat memberikan nada yang tepat untuk lagu sehalus ini.

Wait A Minute
Track ini melanjutkan sound vintage pop dalam album 'Mr.Mr'. Hal tersebut ditunjukkan dengan melodi yang kuat dan produksi upbeat. Hal tersebut jelas menggambarkan keinginan SM untuk menciptakan sebuah album yang koheren. Namun lagu ini sering tampak ingin lepas landas, sayangnya tidak memiliki chorus, hook, maupun hentakkan vokal untuk mewujudkannya. Secara keseluruhan, lagu ini lumayan, selain karena hal tersebut, Musiknya pun dengan mudah terngiang di kepala , tapi catchy dan fondly recalled  bukanlah hal yang sama.

Back Hug
Satu satunya lagu ballad di dalam mini album 'Mr. Mr'. Dalam lagu ini mereka terdengar benar-benar indah dan harmonis. Diiringi dengan bass dan tepukan tangan yang digabungkan dengan alunan gitar akustik dapat menjadikan lagu ini sebagai pengiring tidur para pendengarnya (lullaby). Dengan beranggotakan sembilan anggota, SNSD dapat membuat lagu balada apapun memiliki variasi suara yang penuh, kaya dan memuaskan.

Soul
Lagu terakhir dialbum ini berjudul 'Soul', yang merupakan versi Korea dari lagu SNSD berbahasa Cina yaitu 'Find Your Soul'. Versi Korea ini produksinya jauh lebih bersih dan produksi vokalnya jauh lebih halus. Lick gitar yang kuat  menimbulkan efek yang besar dalam menciptakan suasana meriah. Ini adalah penutup yang kuat didalam sebuah mini album yang pantas untuk didengarkan.

0 comments:

Post a Comment