Sunday, February 23, 2014

Arsenal Partnership Effect

Saat kontrak Arsenal dengan Nike akan habis ditahun 2014 atau lebih tepatnya pada musim 2013/2014. Sejak tahun 2013 Arsenal mulai gencar bernegosiasi dengan berbagai sponsor apparel dan gayung pun bersambut, pada pertengahan tahun 2013 Arsenal dikabarkan mengakhiri 20 tahun kerjasam dengan Nike dan memulai kerjasama baru dengan Puma. Kerjasama baru itupun dimulai dengan penandatanganan nilai kontrak yang memecahkan rekor bagi kedua pihak, yaitu sekitar 30 juta pound. Walaupun sudah banyak pihak yang mengetahui kabar terebut namun pihak Arsenal dan Puma baru memberikan pernyataan resmi terkait kesepakatan tersebut pada bulan Januari 2014[1].
Puma and Arsenal announce partnership
Selang beberapa hari dari pengumuman kerjasama antara Arsenal dan Puma, Arsenal kembali mendapatkan rekan kerjasama, yaitu produsen jam tangan JeanRichard [2]. Senang sekaligus kaget, kenapa? Karena menurut saya tidak biasanya Arsenal mengumumkan kesepakatan kerjasama dalam waktu yang sangat singkat. Seperti saat Arsenal menjalin kerjasama dengan Gatorade pada September 2013[3], Arsenal baru mengumumkan kembali kerjasama baru dengan Lanvin pada November 2013[4] , Huawei pada Januari 2014 [5] dan yang membuat saya terkejut yaitu pengumuman kerjasama dengan Puma dan JeanRichard pada 27 dan 30 Januari 2014.

JeanRichard becomes a global partner

Jadi saya mulai mencari sedikit info mengenai dua rekan baru Arsenal tersebut. Sayapun secara tidak sengaja menemukan kemungkinanan, yang menurut saya bisa menjadi faktor mengapa ada dua pengumuman kerjasama yang terjadi secara berdekatan

Puma yang merupakan merk apparel olahraga dari Jerman dan ‘saudara’ dari Adidas, sejak tahun 2007 bergabung dengan Kering, yang merupakan retailer asal Perancis. Sedangkan JeanRichard merupakan merk jam tangan yang berasal dari Swiss, yang berada dibawah Sowind Group. Saya pun mulai menduga bergabungnya JeanRichard menjadi rekan dari Arsenal karena adanya mini domino effect dari kerjasama dengan Puma.

Mengapa saya bisa berasumsi demikian, menurut saya kata kunci dalam hal ini adalah 'kerjasama' karena sebagai pemilik nama merk Puma, Kering ternyata selain memiliki kerjasama jangka panjang dengan Sowind Group sejak Juni 2008, mereka juga merupakan pemegang saham terbesar di Sowind Group dengan 50,1%. Dengan adanya kaitan relasi diantara dua perusahaan tersebut, serta slot rekan time keeping Arsenal yang masih kosong, daripada diisi oleh merk lain, Kering melalui Sowind Group mencoba mengisi kekosongan slot yang tersedia tersebut berupa kesepakatan kerjasama antara Arsenal dengan JeanRichard.
sumber gambar:

0 comments:

Post a Comment